Medical Progress

Merokok merupakan faktor potensial resiko psoriasis

Merokok merupakan faktor potensial resiko psoriasis

Psoriasis adalah sejenis penyakit kulit yang penderita nya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Kemunculan penyakit ini terkadang untuk jangka waktu lama atau timbul/hilang, penyakit ini secara klinis sifatnya tidak mengancam jiwa, tidak menular tetapi karena timbulnya dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja sehingga dapat menurunkan kualitas hidup serta menggangu kekuatkan mental seseorang bila tidak dirawat dengan baik ( psoriasis.or.id )

Studi yang diadakan di amerika selama 14 tahun pada 78.000 perempuan dengan usia antara 25-42 tahun menunjukkan bahwa secara keseluruhan, 78% perempuan yang merokok akan beresiko menderita psoriasis dari pada yang tidak pernah merokok.

Lebih lanjut, penelitian menemukan, resiko psoriasis lebih tinggi pada perokok berat dibandingkan perokok ringan – mengacu kepada teori lainnya bahwa perokok memberikan konstribusi langsung terhadap timbulnya psoriasis.

Penderita psoriasis sering dijumpai pada keluarga yang memiliki riwayat psoriasis, yang mengisyaratkan bahwa faktor genetika yang menyebabkan gangguan respon imun merupakan gangguan utama penyebab kondisi tersebut. Bagaimanapun faktor lingkungan juga menjadi masalah, dan beberapa penelitian sebelumnya mengemukakan bahwa merokok adalah salah satu faktor utama.

Penelitian terbaru mendukung suatu teori sebelumnya, bahwa “merokok adalah faktor yang paling kuat bagi psoriasis“, demikian pendapat para peneliti yang dipimpin oleh Dr. Arathi R.Setty dari Harvard Medical Schools di Boston.

Menurut para peneliti, rokok dapat menganggu sistem imun normal. Selain itu menyebabkan inflamasi, peneliti juga mengemukakan bahwa nikotin dan racun potensial lainnya yang terdapat pada rokok antara lain nitit oksid, peroksinitrit, dan radikal bebas dari senyawa organik mungkin menjadi pemicu abnormalitas respon sistem imun.

Dukungan kuat hubungan merokok dengan psoriasis adalah, bila perokok menghentikan kebiasaannya maka gejala-gejala psoriasis akan berkurang. Tetapi walaupun perempuan yang telah berhenti merokok selama 20 tahun masih mempunyai resiko dibandingkan dengan yang tidak pernah merokok.

sumber : Dokter’s guide vol 2/I/januari-februari 2008

Advertisements

One thought on “Merokok merupakan faktor potensial resiko psoriasis

  1. Permisi Moderator, mau beritahu info

    Teman-teman penderita Psoriasis, aku mau kasih tau, psoriasis itu

    penyebabnya karena sistem imun di dalam tubuh bekerja terlalu aktif hingga

    membuat kerjanya error, jadinya imun yang terbentuk menyerang kulit.

    penyakit ini tergolong auto imun, cara paling efektif adalah dengan

    menenangkan sistem imun agar bekerja normal kembali. caranya? sekarang

    telah muncul yang namanya transfer factor. info lebih lanjut baca di

    http://molekulajaibtf.co.nr

    salam,

    gumilang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s